Selasa, 27 September 2011

Santri Indigo : Putihkan Internet



Pada tanggal 27-28 September 2011, bertempat di Pondok Pesantren Pabelan, Muntilan, Magelang, diadakan pelatihan Internet yang bertemakan “Putihkan Internet”. Acara yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB itu berlangsung sangat meriah dari antusias para peserta yang berjumlah sekitar 100 orang dari Pondok Pesantren di kawasan Kabupaten Magelang. Para peserta yang terdiri dari Ustadz, Ustadzah, santi, dan santriwati itu mengikuti dengan sangat antusias acara tersebut, dimulai dari awal, yaitu acara pembukaan oleh Bpk. Slamet Riyanto. Selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Pabelan, beliau Bpk. KH. A. Najib Amin Hamam, sambutan Ketua Telkom Magelang dan sambutan Bupati Magelang yang diwakili oleh Sekda Kab. Magelang.

Acara ini mengambil tema “Putihkan Internet”, yang mana mempunyai arti luas. Internet ibarat pistol bermata dua, yang mana bisa membantu, misal membela diri, tapi juga bisa membunuh. Begitu juga Internet, yang mana bisa berdampak positif, juga bisa berdampak negatif. Untuk itu diadakan acara pelatihan ini, supaya para santri sebagai generasi penerus bisa melakukan perubahan terhadap kegunaan internet jaman sekarang, baik melalui dakwah, berbagi ilmu, saling sharing melalui Blog, sehingga apabila orang membuka akses internet, tidak hanya membuka hal yang negatif, tetapi juga bisa belajar, seperti belajar agama misalnya. Diharapkan, nantinya pandangan orang-orang selama ini yang menganggap bahwa internet sekarang hanya digunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak baik akan semakin berkurang.

Acara tersebut berlangsung selama 2 hari. Pada hari pertama, dipaparkan bagaimana cara membuat Blog oleh Bpk. Slamet Riyanto. Beliau menjelaskan secara rinci dari awal pembuatan e-mail sampai pembuatan blog yang gratis, mudah dan cepat, yaitu melalui Blogger.com. Selanjutnya ada paparan tentang “Putihkan Internet” oleh Bpk. Muhamad Ismail. Beliau menjelaskan tentang baik buruknya internet dan alasan mengapa harus “Memutihkan Internet” dan dilanjutkan dengan paparan dari Bpk. M. Rijal ARS yang menjelaskan bagaimana cara menjadi seoarang blogger yang sukses.Beliau adalah orang yang sukses hanya dengan blog dengan penghasilan yang “WAH,,,,,,!!!”.

Pada hari kedua, dilanjutkan pemaparan tentang bagaimana cara customize Blog oleh Bpk. Mohamad Afif, mulai dari mengganti template, menambah gadget, dan mengisi content blog. Selanjutnya, dengan moderator dari Telkom Pusat, Bpk. Hartono. Beliau menjelaskan tentang Internet / IT sebagai wahana syiar digital. Beliau juga memperkenalkan DELIMA, yaitu Aplikasi pengiriman uang melalui Plasa Telkom, ataupun tempat-tempat yang melayani aplikasi Delima (Mitra Cash Point). Selanjutnya ada bintang tamu, yaitu Gilang Ramadhan,

seorang musisi yang terkenal dengan GILANG RAMADHAN "Rhythm Sawah Degung". Beliau juga memperagakan bermain music dengan menggunakan galon, sebuah alat yang sangat sederhana tentunya.

Banyak hal yang didapat dari acara ini, salah satunya adalah para peserta lebih mengetahui tentang pembuatan blog yang gratis, mudah, simple dan mengelola blog tersebut agar bisa menjadi Blog yang profesional.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Karya Santri Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger